Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mingguan (RPPM) TP 2019/2020 Semester I
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MINGGUAN
SEMESTER/MINGGU : I/1
TEMA :
DIRIKU
KELOMPOK : USIA 5-6 TAHUN
HARI KE
|
SUB TEMA
|
KD
|
MUATAN MATERI
PEMBELAJARAN
|
RENCANA
KEGIATAN
|
KETERANGAN
|
1.
|
Identitasku: Nama
|
N 1.1
N 3.1-4.1
N 3.2-4.2
|
-
Berdoa sebelum dan sesudah belajar
-
Mengucap salam
-
Mengucapkan syukur kepada Tuhan
-
Menjaga kebersihan
-
Mengembangkan kemampuan motorik kasar dan
motorik halus
-
Pengenalan bunyi atau suara-suara tertentu
-
Mendengarkan cerita tentang identitas diri
-
Menyebutkan identitas diri
-
Beradaptasi secara wajar dalam situasi baru
-
Menyanyi lagu diriku sendiri
|
-
Mengucap dan membalas salam
-
Tanya jawab tentang nama lengkap, nama
panggilan diri, nama ibu guru, anak-anak di kelas
|
Awal
|
F 2.1
F 3.3-4.3
|
-
PL. Menirukan gerakan merayap
|
Kegiatan luar
|
|||
K 3.6-4.6
|
-
PT. Menirukan tulisan guru mengenai nama,
usia dan alamat rumahnya
|
Area Bahasa
|
|||
B 3.11-4.11
|
-
PT. Membuat kartu nama
|
Area Seni
|
|||
SE 3.13-4.13
|
-
PT. Menghitung jumlah kartu nama pada tiap
kelompok dengan bimbingan guru
|
Area Matematika
|
|||
SN 3.15-4.15
|
-
PT. Menyusun balok huruf menjadi nama anak
|
Area Balok
|
|||
|
-
Cuci tangan, berdoa, makan bersama, gosok
gigi, dan bermain di luar
-
PL. Menyanyikan lagu diriku sendiri
-
Diskusi
-
Pujian/reward
-
Motivasi
-
Informasi kegiatan esok hari
|
Istirahat
Akhir
|
|||
2.
|
Identitasku: Jenis Kelamin
|
N 1.1
N 3.1-4.1
N 3.2-4.2
|
-
Berdoa sebelum dan sesudah belajar
-
Mengucap salam
-
Mengucapkan syukur kepada Tuhan
-
Menjaga kebersihan
-
Mengembangkan kemampuan motorik kasar dan
motorik halus
-
Pengenalan bunyi atau suara-suara tertentu
-
Memperhatikan dan mendengarkan teman, orang
tua, dan orang yang lebih tua
-
Menyebutkan identitas diri dengan lengkap
(nama lengkap, nama panggilan, alamat, jenis kelamin dll)
-
Berani tampil di depan umum
-
Berangkat sekolah tepat waktu
-
Membuat karya seni sesuai kreativitasnya
|
-
Berdoa sebelum dan sesudah melakukan
kegiatan
-
Mengucapkan dan membalas salam
-
Menirukan guru mengucapkan kata
hamdallah atas ciptaanNya
|
Awal
|
F 2.1
F 3.3-4.3
|
-
PL. Menirukan cara berjalan usia muda,
merangkak seperti bayi, berjalan sambil membungkuk seperti orang tua
|
Kegiatan luar
|
|||
K 3.6-4.6
|
-
PT. Mengelompokkan benda dengan cara
mewarnai gambar
|
Area IPA
|
|||
B 2.14
B 3.10-4.10
|
-
PT. Menebalkan angka 1-10
|
Area Matematika
|
|||
SE 2.5
SE 2.6
|
-
PT. Menjawab tentang identitas diri: jenis
kelamin anak
|
Area Bahasa
|
|||
SN 3.15-4.15
|
-
PT. Menebalkan garis menjadi bentuk rambut
|
Area Seni
|
|||
|
-
DM. bertepuk dengan pola “Tepuk Aku”
-
Diskusi
-
Pujian/reward
-
Motivasi
-
Informasi kegiatan esok hari
|
Akhir
|
|||
3.
|
Identitasku: Jenis Kelamin
|
N 1.1
N 3.1-4.1
N 3.2-4.2
|
-
Berdoa sebelum dan sesudah belajar
-
Mengucap salam
-
Mengucapkan syukur kepada Tuhan
-
Menjaga kebersihan
-
Mengembangkan kemampuan motorik kasar dan
motorik halus
-
Pengenalan bunyi atau suara-suara tertentu
-
Memperhatikan dan mendengarkan teman, orang
tua, dan orang yang lebih tua
-
Menyebutkan identitas diri dengan lengkap
(nama lengkap, nama panggilan, alamat, jenis kelamin dll)
-
Berani tampil di depan umum
-
Berangkat sekolah tepat waktu
-
Membuat karya seni sesuai kreativitasnya
|
-
Berdoa sebelum dan sesudah melakukan
kegiatan
-
Mengucapkan dan membalas salam
-
Menirukan guru mengucapkan kata
hamdallah atas ciptaanNya
|
Awal
|
F 2.1
F 3.3-4.3
|
-
PL. Menirukan gerakan guru sambil bernyanyi
|
Kegiatan luar
|
|||
K 3.6-4.6
|
-
PT. Memberi tanda V pada gambar laki-laki
dan tanda X pada gambar perempuan
|
Area Matematika
|
|||
B 2.14
B 3.10-4.10
|
-
PT. Menirukan kembali 3-4 urutan kata
|
Area Bahasa
|
|||
SE 2.5
SE 2.6
|
-
PT.
Mengelompokkan balok bertuliskan huruf vokal
|
Area Balok
|
|||
SN 3.15-4.15
|
-
PT. Mewarnai gambar sesuai jenis kelamin
|
Area Seni
|
|||
|
-
DM. bertepuk dengan pola “Tepuk Aku”
-
Diskusi
-
Pujian/reward
-
Motivasi
-
Informasi kegiatan esok hari
|
Akhir
|
|||
4.
|
Tubuhku: Rambut
|
N 1.1
N 3.1-4.1
N 3.2-4.2
|
-
Berdoa sebelum dan sesudah belajar
-
Mengucap salam
-
Mengucapkan syukur kepada Tuhan
-
Menjaga kebersihan
-
Mengembangkan kemampuan motorik kasar dan
motorik halus
-
Pengenalan bunyi atau suara-suara tertentu
-
Memperhatikan dan mendengarkan teman, orang
tua, dan orang yang lebih tua
-
Menyebutkan identitas diri dengan lengkap
(nama lengkap, nama panggilan, alamat, jenis kelamin dll)
-
Berani tampil di depan umum
-
Berangkat sekolah tepat waktu
-
Membuat karya seni sesuai kreativitasnya
|
-
Berdoa sebelum dan sesudah melakukan
kegiatan
-
Mengucapkan dan membalas salam
-
Menirukan guru mengucapkan kata
hamdallah atas ciptaanNya
|
Awal
|
F 2.1
F 3.3-4.3
|
-
PL. Meliukkan badan ke kiri dan ke kanan
|
Kegiatan luar
|
|||
K 3.6-4.6
|
-
PT. Melakukan 1 perintah
|
Area Bahasa
|
|||
B 2.14
B 3.10-4.10
|
-
PT. Menyebutkan urutan 1-10
|
Area Matematika
|
|||
SE 2.5
SE 2.6
|
-
PT.
Menggambar bebas
|
Area Seni
|
|||
SN 3.15-4.15
|
-
Bermain peran anet si rambut keriting
|
Area Drama
|
|||
|
-
BC. Mendengarkan cerita tentang anet si
rambut keriting
-
Diskusi
-
Pujian/reward
-
Motivasi
-
Informasi kegiatan esok hari
|
Akhir
|
|||
5.
|
Tubuhku: Ciri-ciri Diri
|
N 1.1
N 3.1-4.1
N 3.2-4.2
|
-
Berdoa sebelum dan sesudah belajar
-
Mengucap salam
-
Mengucapkan syukur kepada Tuhan
-
Menjaga kebersihan
-
Mengembangkan kemampuan motorik kasar dan
motorik halus
-
Pengenalan bunyi atau suara-suara tertentu
-
Memperhatikan dan mendengarkan teman, orang
tua, dan orang yang lebih tua
-
Menyebutkan identitas diri dengan lengkap
(nama lengkap, nama panggilan, alamat, jenis kelamin dll)
-
Berani tampil di depan umum
-
Berangkat sekolah tepat waktu
-
Membuat karya seni sesuai kreativitasnya
|
-
Berdoa sebelum dan sesudah melakukan
kegiatan
-
Mengucapkan dan membalas salam
-
Menirukan guru mengucapkan kata
hamdallah atas ciptaanNya
|
Awal
|
F 2.1
F 3.3-4.3
|
-
PL. Menendang bola besar lurus ke depan
|
Kegiatan luar
|
|||
K 3.6-4.6
|
-
PT. Menebalkan garis vertikal dan horisontal
|
Area Matematika
|
|||
B 2.14
B 3.10-4.10
|
-
PT. Menyebutkan nama-nama huruf konsonan
|
Area Baca, Tulis
|
|||
SE 2.5
SE 2.6
|
-
TJ. Tentang ciri-ciri diri
|
Area Bahasa
|
|||
SN 3.15-4.15
|
-
Membuat coretan “rambut keriting”
|
Area Seni
|
|||
|
-
DM. Bertepuk tangan “Tepuk Aku”
-
Diskusi
-
Pujian/reward
-
Motivasi
-
Informasi kegiatan esok hari
|
Akhir
|
Comments
Post a Comment