Pembelajaran Area

Pembelajaran Area menggunakan 10 (sepuluh) area yang dijelaskan berkut ini. 


1.     Area Drama
Area Drama merupakan tempat yang memberikan kesempatan pada anak untuk mengeksplorasi dan mengembangkan pengalaman bermain peran. Area Drama memiliki baju-baju dan benda-benda lain yang mendorong anak memperagakan apa yang mereka lihat dikehidupan mereka, membantu mereka untuk memahami dunia mereka dan memainkan berbagai macam peran. Pemilihan benda-benda tergantung dari minat anak-anak dan tema yang sedang  berlangsung pada saat itu.
Alat bermain di Area Drama adalah : tempat tidur anak (boneka), almari kecil, meja kursi kecil (meja tamu), boneka-boneka, tempat jemuran, setrika dan meja setrika, baju-baju besar, handuk, bekas make up, minyak wangi, sisir, kompor-komporan, penggorengan, dandang tiruan, piring, sendok, garpu, gelas, cangkir, teko, keranjang belanja, pisau mainan, ulekan/cobek, mangkok-mangkok, tas-tas, sepatu/sandal, rak sepatu, cermin, mixer, blender, sikat gigi, odol, telepon-teleponan, tiruan baju tentara dan polisi, tiruan baju dokter, dan sebagainya.
2.     Area Sains (IPA, Ilmu Pengetahuan Alam)
Area Sains menyediakan banyak kesempatan bagi anak-anak untuk menggunakan panca indera dan menyalurkan langsung minat mereka terhadap kejadian-kejadian alamiah dan benda-benda yang mereka temukan. Dengan mengeksplorasi bahan-bahan alami, anak menciptakan, berpikir, dan berkomunikasi. Anak-anak melatih otot halus dan kasar, mengembangkan konsep-konsep matematika, gagasan-gagasan ilmiah, dan kreativitas.
Alat bermain anak di area Sains adalah : macam-macam tiruan binatang, gambar-gambar perkembangbiakan binatang, gambar-gambar proses petumbuhan tanaman, biji-bijian (jagung, kacang tanah, kacang hijau, beras), kerang batu kali, pasir, bunga karang, magnet, mikroskop, kaca pembesar(lup), pipet, tabung ukur, timbangn kue, timbangan bebek (sebenarnya), gelas ukuran, pencampur warna, nuansa warna, pita meteran, penggaris, benda-benda kasar (batu, batu bata, amplas, besi, kayu, kapas, kain, kulit kayu, kulit binatang, dan lainnya) benda-benda untuk pengenalan berbagai macam rasa (gula, kopo asam, cuka, garam, sirup, cabe, dan lain-lain), berbagai macam bumbu (bawang merah, bawang putih, ketumbar, kemiri, lengkuas, daun salam, jahe, kunyit, jinten, dan lain-lain), pengenalan aroma.
3.     Area Musik
Musik dapat dipergunakan sepanjang hari untuk menyatukan kegiatan pembelajaran. Bernyanyi, menggerakkan badan, bertepuk tangan, menari, dan memainkan alat-alat musik, atau menyimak dengan tenang kesemuanya dapat diberikan sebagai kegiatan pembelajaran sepanjang hari. Musik mengembangkan panca indera, mengajarkan ritme, berhitung dan pola kalimat, memperkuat otot halus dan kasar, dan mendorong kreatifitas.
Alat bermain anak di area musik adalah: Seruling, kastanyet, maracas, organ kecil, tamburin, kerincingan, triangle kecil, balok kayu, kulintang, angklung, biola, piano, harmonica, gendang, rebana, dan sebagainya dengan menyesuaikan pada keunikan daerah masing-masing.
4.     Area Balok
Area Balok dilengkapi dengan berbagai macam bentuk dan ukuran balok untuk menciptakan susunan khayal atau dapat dikenali seperti bangunan, kota, pertanian, dll. Melalui bermain balok, anak mengembangkan kemampuan matematika, kemampuan berpikir dan memecahkan masalah, kreativitas, dan memperkuat daya konsentrasi.
Alat bermain anak di area balok adalah : balok dengan berbagai bentuk, ukuran, dan warna, leggo, lotto sejenis, lotto berpasangan, kepingan geometri dari triplek berbagai ukuran dan warna, kotak geometri, kendaraan mainan (kendaraan laut, udara, darat), rambu-rambu lalu lintas, kubus berpola, kubus berbagai ukuran dan warna. Korek api, lidi, tusuk es krim, tusuk gigi, bola dengan berbagai ukuran dan warna, kardus bekas, dan sebagainya.
5.     Area Matematika
Area Matematika merupakan tempat yang menyediakan permainan-permainan yang dapat membantu anak belajar mencocokkan, mengenal bilangan dan lambang bilangan, dan mengelompokkan, serta menciptakan sendiri permainan yang mereka sukai, dan berlatih kemampuan berbahasa mereka. Area Matematika memiliki bahan-bahan yang dapat dipisah-pisahkan dan disatukan anak. Kegiatan-kegiatan di area ini mendorong anak mengembangkan kemampuan intelektual, otot-otot halus, koordinasi mata-tangan, dan keterampilan sosial seperti berbagi, bernegosiasi, dan memecahkan masalah.
Alat bermin yang ada di dalam Area Matematika adalah: lambang bilangan, kepingan geometri, kartu angka, kulit kerang, puzzle, konsep bilangan, kubus permainan, pohon hitung, papan jamur, ukuran panjang pendek, ukuran tebal-tipis, tutup botol, pensil, manik-manik, gambar buah-buahan, penggaris, meteran, buku tulis, puzzle sterefoam (angka), kalender, gambar bilangan.
6.      Area Seni
Area Seni merupakan tempat untuk mengembangkan dan mengeksplorasi kreativitas mereka serta bersenang-senang dengan bahan baru dan pengalaman fisik (tactile). Area Seni memacu kreativitas, komunikasi verbal dan non verbal, percaya diri, perkembangan motorik halus dan kasar, dan kemampuan intelektual.
Alat bermain anak di area seni, motorik halus adalah : meja gambar, meja kursi anak, krayon, pensil berwarna, pensil, kapur tulis, kapur warna, arang buku gambar, kertas lipat, kertas koran, lem.
7.     Area Agama
Area Agama merupakan tempat yang memberikan pengalaman pada anak untuk mengenal agama dan mempraktekkan tatacara beribadah sesuai agama yang dianutnya.
Area Agama menyediakan miniatur rumah ibadah, perlengkapan ibadah, buku-buku bacaan, kertas gambar dan alat-alat gambar. Juga maket tempat ibadah dan alat peraga tata cara ibadah agama-agama di Indonesia, misalnya sebagai berikut : a) Islam : maket masjid, gambar tata cara shalat, gambar tata cara berwudhu, sajadah, mukena, peci, kain sarung, kerudung, buku Iqro’, kartu huruf hijaiyah, tasbih, juz’amma, Al-Qur’an, dan sebagainya. b) Hindu : maket pura, gambar orang menuju ke Pura, tiruan sesaji. c) Kristen/katolik : maket gereja, Alkitab, Rosario. d) Budha : maket pura, maket candi Budha, gambar bikshu. e) Konghucu : maket klenteng, foto orang sembahyang.
8.     Area Bahasa
Area Bahasa merupakan tempat yang tenang sehingga anak-anak dapat melihat-lihat buku, membacakan temannya, atau meminta guru atau orang tua agar membacakan buku untuk mereka.
Kesusastraan dipergunakan selama hari-hari belajar anak. Anak-anak diminta untuk membuat buku sendiri, mendramatisasi dan menyimak cerita.
Alat bermain anak di area bahasa adalah: buku-buku cerita, gambar seri, kartu kategori kata, kartu nama-nama, boneka tangan, panggung boneka, papan planel, kartu nama bulan, majalah anak, koran, macam-macam gambar sesuai tema, kliping peristiwa dan sebagainya.
9.     Area Pasir / Air
Merupakan salah satu area yang menarik untuk beraktifitas dengan anak-anak. Area pasir/air berhubungan erat dengan percobaan. Beberapa aktifitas percobaan yang berhubungan dengan area pasir dan air adalah:


a.       Mengapungkan Benda
Untuk kegiatan ini, kumpulkan beberapa benda yang dapat mengapung (sepotong kayu, botol plastik, daun) dan juga beberapa benda yang tidak dapat mengapung (paku, batu, tanah liat). Minta anak untuk memasukkan semua bahan tersebut di atas ke dalam air. Dan berikan pertanyaan:
·         Apa yang terjadi dengan benda yang mengapung di permukaan air?
·         Apa yang terjadi dengan benda yang mengapung seperti kayu dengan benda yang tenggelam seperti batu dilihat dari beratnya?
b.      Mengamati / Observasi Pasir
Menggunakan kaca pembesar anak dapat mempelajari dan membandingkan berbagai macam type pasir. Anak dapat membedakan perbedaan bagaimana ketika mereka melihat pasir dengan menggunakan mikroskop atau dengan mata telanjang. Beberapa pertanyaan yang dapat diajukan untuk anak-anak dalam observasi ini:
·         Kelihatan seperti apa pasir tersebut?
·         Apa rasa pasir?
·         Apa yang kamu rasakan ketika melihat sesuatu lewat mikroskop?
·         Apakah pasir yang kamu lihat dengan menggunakan mikroskop tampak berbeda apabila kamu melihatnya dengan mata telanjang?
c.       Membandingkan Beberapa Tipe Pasir yang Berbeda
Pasir halus, pasir kasar, dan pasir kotor mempunyai sifat yang berbeda. Pasir halus baik digunakan untuk membangun tembok hias. Pasir kotor mempunyai butiran yang kecil, tetapi air tidak mudah larut didalamnya. Anak harus melakukan percobaan dengan tiap tipe pasir yang ada, pertama dengan pasir kering kemudian dengan pasir basah yang dengannya mereka dapat membuat sebuah bangunan. Pertanyaan yang dapat diajukan kepada anak-anak melalui observasi ini adalah:
·         Jenis pasir yang mana yang mudah basah?
·         Jenis pasir yang mana yang paling baik digunakan untuk membuat bangunan?
·         Jenis pasir yang mana yang paling lembut ketika disentuh?
·         Jenis pasir yang mana yang paling baik digunakan jika kamu ingin membangun sebuah istana?
10.Area Masak
Area masak merupakan area yang dibuat khusus untuk bermain masak-masakan anak. Alat bermain alat-alat dapur, seperti kompor, panci, meja, piring, mixer, blender

Comments

Popular posts from this blog

CONTOH AD/ART LEMBAGA PAUD

CONTOH JADWAL MINGGUAN TAMAN KANAK-KANAK (PAUD)